• Kayu Putih II, Jakarta Timur
  • 0813-1913-0107
  • Jurnalrealitas.com
  • 8 May 2021
0 Comments 33

JURNALREALITAS.COM, PEMATANG SIANTAR – Mendekati hari pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Susulan kota Pematang Siantar yang akan diselenggarakan Rabu, (16/11/16), Kesbangpol kota Pematang Siantar adakan kegiatan Deklarasi Masyarakat Siantar menuju Pilkada Damai dan Bermartabat yang berlangsung pada Jumat sore (11/11/2016) di Balai Bolon Lapangan Adam Malik, kota Pematang Siantar.

Kegiatan tersebut menghadirkan para Pasangan Calon (Paslon) yakni, Sujito-Djumadi, Hulman Sitorus-Hefriansyah, Teddy Robinson Siahaan-Zainal Purba dan Wesly Silalahi-Sailanto. Hanya Calon Wali Kota Nomor 4 Wesly Silalahi dan Calon Wakil Wali Kota Nomor 2 Hefriansyah yang tidak hadir.

Acara ini juga dihadiri sejumlah unsur yakni dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yakni Ketua DPRD Eliakim Simanjuntak, Kasrem 022/PT Letkol Baginta Bangun, Dandim 0207/Sml Letkol Ony Kristiyono Goendong, Kapolres AKBP Dodi Darjanto. Hadir juga Komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara, bersama Ketua KPUD Mangasi Purba dan Ketua Panwaslih Josep Sihombing.

Penjabat (Pj)  Wali Kota Pematang Siantar, Anthony Siahaan dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar seluruh Paslon bisa bertanding secara demokratis dan mematuhi seluruh aturan main. Hal itu dimaksudkan agar Pilkada Susulan yang telah hampir setahun dinantikan, bisa berjalan lancar sesuai harapan semua pihak.

“Gesekan antar pendukung calon juga diharapkan tidak terjadi lagi nantinya,  sehingga masyarakat tidak terkotak-kotak karena Pilkada. Mari kita jaga suasana damai, kondusif dan sejuk agar Pilkada ini menghasilkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang berkualitas dan punya legitimasi,” katanya.

Sedang Eliakiam Simanjuntak selaku ketua DPRD Kota Siantar  meminta seluruh Paslon berkomitmen untuk menolak politik uang dan tidak saling menghujat. Seluruh warga yang memiliki hak pilih, dihimbau agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memberikan hak suaranya.

“Siapa pun yang terpilih nantinya, itulah yang terbaik bagi masyarakat Kota Siantar,” katanya.

Sementara Kapolresta, AKBP Dodi Darjanto juga menyampaikan hal yang sama yaitu mengharapkan suasana tetap kondusif menjelang maupun sesudah Pilkada.

Deklarasi yang dibacakan Sofiyan Purba (Kabid Kesbang ) ini berisi 8 butir pernyataan maupun permintaan masyarakat kepada para penyelenggara, kandidat serta pihak penegak hukum agar menjalankan Pilkada secara damai dan bermartabat.

Salah satu butirnya adalah “Masyarakat Siantar siap mewujudkan Pilkada Susulan 2016 sebagai Pilkada yang bermartabat, demokratis, menjunjung tinggi hak azasi manusia, transparan, jujur dan adil”.

Sebagai wujud komitmen tersebut, Pj Wali Kota, Ketua DPRD beserta unsur Forkopimda, seluruh pasangan calon, KPU dan Panwas, perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda serta kalangan akademisi, membubuhkan tanda tangan pada baliho warna putih ukuran 2 x 4 meter yang telah disiapkan Kesbangpol.

Dalam baliho yang penuh tandatangan tersebut telah pula dicantumkan butir-butir kesepakatan masyarakat.

Selesai penandatangan deklarasi, dilanjutkan dengan pelepasan balon berwarna oleh Pj Wali Kota didampingi unsur Forkopimda, KPU, Panwaslih serta seluruh paslon.

Keempat paslon juga diberikan kesempatan untuk menyapa seluruh hadirin masing-masing selama 5 menit, sesuai nomor urut yang telah ditentukan. Seluruh paslon, secara bersama-sama juga pada intinya menginginkan Pilkada Susulan berjalan sesuai ketentuan dan bebas intervensi. (Tim)

Tinggalkan Balasan