• Kayu Putih II, Jakarta Timur
  • 0813-1913-0107
  • Jurnalrealitas.com
  • 8 May 2021
0 Comments 21
Ilustrasi

jurnalrealitas.com, JAKARTA – Upaya dan komitmen Imigrasi untuk meningkatkan pelayanan keimigrasian saat ini memang tampak semakin nyata. Berbagai macam terobosan terus saja dilakukan bukan semata-mata dan sekedar untuk memperbaiki citranya belaka tetapi saat ini semakin terlihat jelas bahwa apa yang telah Imigrasi lakukan semuanya bertujuan dan mengutamakan kepentingan masyarakat pada umumnya.

Dari pantauan Jurnalcom belum lama ini, banyak hal dan perubahan serta perbaikan yang sudah dilakukan oleh imigrasi. Khususnya kantor imigrasi yang berada di provinsi DKI Jakarta, warga Jakarta kini sudah bisa merasakan hasil dari perbaikan tersebut. Contohnya saja perbaikan dari sisi infrastruktur, dapat dikatakan, sebagian besar gedung kantor imigrasi yang ada di Jakarta kini telah mengalami banyak perbaikan. Sebut saja gedung Kantor Imigrasi Jakarta timur dengan renovasi konsep minimalisnya, gedung kantor Imigrasi Jakarta Pusat dengan renovasi yang berkonsep Modern, dan satu lagi gedung baru kantor imigrasi Jakarta Selatan yang terbilang wah, dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan pendingin ruangan yang sangat sejuk, yang menjadikan gedung kantor imigrasi ini menjadi salahsatu gedung percontohan.

Memang faktanya, masih ditemui sejumlah gedung kantor Imigrasi lain khususnya di Jakarta yang belum tersentuh renovasi dan perbaikan hingga tampak tidak layak. Misalnya saja gedung Kantor Imigrasi Jakarta Utara yang berada di Ruko nan sempit dan kerap tampak sembraut, lalu gedung Kantor Imigrasi Tanjung Priok Jakarta Utara dengan gedung lamanya yang bisa dikatakan tak nyaman, dan gedung kantor Imigrasi Jakarta Barat walau tidak mewah tapi dapat dikatakan cukup memadai. Namun secara garis besar telah terjadi banyak perbaikan yang signifikan yang ujung-ujungnya kemanfaatanya adalah untuk masyarakat.

Selain sejumlah perbaikan dari segi infrastruktur yang semakin baik dan nyaman, masyarakat juga kini telah  merasakan perbaikan dari segi pelayanan yang semakin cepat dan transparan. Dalam hal pelayanan ada sejumlah terobosan yang dilakukan oleh Imigrasi. Sebut saja Pelayanan pembuatan perpanjangan Paspor satu hari jadi yang saat ini sedang diuji coba di dua kantor imigrasi Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. Lalu ada lagi layanan permohonan paspor yang dilakukan via online, penerbitan paspor yang sudah tidak terdapat lagi halaman tanda tangan Pejabat yang mengeluarkan dimana kebijakan ini dapat mempercepat pembuatan paspor, pembayaran layanan keimigrasian lewat bank BNI, Sistem antrian elektronik, dsb. Dari sekian banyak hal yang sudah  dilakukan oleh Imigrasi tentu saja akan mengerucut kepada visi dan misi serta tujuan imigrasi itu sendiri yakni kesemuanya itu dilakukan demi memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat. Semoga saja imigrasi yang juga merupakan pintu gerbang dan wajah Republik Indonesia dimata dunia kedepannya semakin baik, transparan, dan satu hal yang sangat penting adalah berantas Pungli. (Rys)

Tinggalkan Balasan