Panglima Komenwa Support Pembentukan Komenwa Matra Laut

JURNALREALITAS.COM, JAKARTA – Panglima Komando Resimen Mahasiswa Indonesia (Komenwa), Prof. Dr. Suhendar, SE., SH., LLM hadir dalam acara pembentukan Komenwa Matra Laut, dalam rapat bersama dengan Mabes Angkatan Laut yang digelar di Wisma Elang Laut Menteng, Jakarta Pusat.

“Saya turut mendukung rapat bersama ini dengan pembentukan Komenwa di jajaran Markas Besar Angkatan Laut, hal ini bentuk komponen pendukung angkatan laut dalam hal bela negara,” ujar Prof. Dr. Suhendar yang juga Ketua Umum sekaligus Pendiri Perkumpulan Advokat Muslim Indonesia, Selasa (14-12-2021)

Dalam rapat ini dihadiri oleh Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono, dan Kadis Potmar atau yang mewakili, Ketua umum Komenwa Dr. Purwa Saputra, Pembina Laksda TNI (Purn) Surya Wiranto SH, MH, Pembina Wibisono, SH, MH serta jajaran pengurus pusat Komenwa Indonesia.

Sebelum acara dimulai, para peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan paparan singkat oleh ketum Komenwa, bahwa Sejarah menwa justru dulu dibentuk pertama kali oleh Angkatan laut dengan nama maha Tirta, dan telah ikut berjuang dalam misi merebut Irian Barat (Trikora), serta ikut berpartisipasi berjuang di Timor Timur.

“Saya bersama pengurus jajaran Komenwa Indonesia berharap akan dibentuknya Menwa Matra Laut, dengan rapat ini dengan pak Kadispenal semoga segera bisa menghadap Kasal untuk melaporkan kegiatan ini,” ujar Datep.

Prof. Dr. Suhendar yang juga sebagai Presiden Asean University Internasional (AUI) mengungkapkan, komponen pendukung (komduk) Komenwa pembangunan dipastikan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam mengawal NKRI dan terus berperan aktif dalam mendukung nasional.

“Setelah kita menghadapi Pandemi Covid-19 selama ini membuat perekonomian dan pembangunan tersendat, dimana sebagai garda terdepan dalam memutus rantai penyebaran virus Corona, maka untuk mengangkat kembali dari keterpurukan perlu adanya kebersamaan dan persatuan di semua elemen masyarakat,” tegas Prof. Suhendar

Sementara itu Kadispenal Julius mengatakan, bahwa dirinya menyambut gembira inisiatif Komenwa untuk membentuk Matra Laut sebagai komponen pendukung Angkatan laut, karena untuk kondisi saat ini sangat dibutuhkan peran pendukung (komduk) dan komponen cadangan (komcad) dalam bela negara.

Selanjutnya, kegiatan ini akan dilaporkan ke KASAL untuk mendapat dukungan dari beliau, dan kepemimpinan Kasal akan mendukung semua kegiatan bela negara terutama untuk memperkuat Jiwa nasionalisme dan NKRI harga mati.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan ramah tamah, dan menghasilkan kesimpulan bahwa segera akan dilaporkan ke KASAL untuk Arah selanjutnya. (MG)