• Kayu Putih II, Jakarta Timur
  • 0813-1913-0107
  • Jurnalrealitas.com
  • 8 May 2021
0 Comments 39

Jurnalrealitas.com, Jakarta – Universitas Negeri Jakarta menggelar Sekolah Kebangsaan dan Peradaban dengan tema “Menjadi Mahasiswa Indonesia Unggul dan Kontributif bagi Peradaban”.

Pada seri yang perdana UNJ mendapuk Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB-University yaitu Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS. menjadi narasumber tunggal dengan judul “Peningkatan Kapasitas Berfikir Kreatif, Kritis, dan Inovatif Melalui Literasi Ramadhan.”

Secara resmi acara yang digelar secara Hybrid yaitu Daring dan luring dengan mematuhi prokes dibuka secara resmi oleh Rektor UNJ Prof. Dr. Komarudin, M.Si di Aula Maftuchah Yusuf, Gedung Dewi Sartika, UNJ, Jakarta Timur.

Prof. Rokhmin mengungkapkan bahwa sejak zaman Kejayaan Romawi, Masa Keemasan Umat Islam hingga sekarang bahwa kunci kemajuan dan kemakmuran suatu bangsa adalah penguasaan IPTEK dan kemampuan menghasilkan inovasi secara berkelanjutan.

“Penguasaan IPTEK dan inovasi sangat bergantung pada kapasitas suatu bangsa untuk berpikir secara kreatif, kritis dan inovatif, karena selain membuat orang taqwa, puasa juga menempa pelakunya untuk lebih meningkatkan kapasitas membaca dan menulis sesuai dengan ayat Qur’an pertama yang turun dari Allah adalah perintah membaca (iqra)”, tutur Prof Rokhmin.

Rokhmin juga menambahkan dengan menjalankan ibadah puasa Ramadhan karena iman dan niat ikhlas kepada Allah serta sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW, kapasitas berpikir kreatif, kritis dan inovatif akan meningkat signifikan”, tutupnya. (Megy Aidillova)

Tinggalkan Balasan