• Kayu Putih II, Jakarta Timur
  • 0813-1913-0107
  • Jurnalrealitas.com
  • 6 May 2021
0 Comments 29

JURNALREALITAS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi akhirnya resmi melantik Dua menteri dan satu Kepala Badan di Istana Negara pada hari ini, Rabu (28/4/2021).

Menteri yang dilantik adalah Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi, Nadiem Makarim sebagai Mendikbud Ristek, dan Laksono Tri Handoko sebagai Kepala BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) yang baru.

Pelantikan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 71P/2021 tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024, dan Keppres RI Nomor 19M2021 tentang Pengangkatan Kepala BRIN.

Sebelum dilantik sebagai Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM), namun ketika terjadi Pembentukan Kementerian Investasi, Bahlil dilantik sebagai Mentri.

Lalu, ada nama Nadiem Makarim yang sebelumnya menjabat sebagai Mendikbud. Nadiem dilantik sebagai Mendikibud Ristek setelah terjadi peleburan antara dua Kementrian, yaitu Mendikbud dan Ristek.

Kemudian, Jokowi juga melantik Laksono Tri Handoko sebagai Kepala BRIN yang baru. Laksana Tri Handoko sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Penetapan Handoko sebagai Kepala BRIN yang baru karena adanya ketetapan BRIN sebagai Badan Otonom Pusat Integrasi Riset, dan Inovasi di Indonesia yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Pelantikan itu turut dihadiri oleh Wapres Ma’ruf Amin, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, hingga Menko PMK Muhadjir Effendy. (T. Fadri)

Tinggalkan Balasan