Hobby Mendaki, Ini Sepuluh Gunung Tertinggi di Pulau Jawa Yang Patut Dicoba

Jurnalrealitas.com, Jakarta – Bagi pecinta alam khususnya para pendaki gunung, gunung seperti menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Kecintaan mereka kepada gunung ibarat cinta pertama yang selalu melekat dihati, dan cinta itu pula yang selalu memanggil untuk kembali dan kembali mendaki gunung.

Walau bagi kebanyakan orang, mendaki gunung merupakan hal bodoh dan tak berguna, namun bagi mereka yang berjiwa petualang, mendaki gunung membawa kenikmatan dan kepuasan tersendiri yang tak terungkapkan dengan kata. Beratnya perjuangan yang harus dilalui dalam pendakian seakan hilang dan terlupakan dalam sekejap setelah mencapai puncak tertinggi.

Di kalangan para pendaki gunung, daftar gunung serta karakteristiknya menjadi topik yang menarik untuk diperbincangkan. Berbagi informasi dan pengalaman saat pendakian gunung menjadi hal yang biasa diantara sesama pendaki.

Pulau Jawa menjadi surganya bagi para pendaki gunung. Bagaimana tidak, pulau yang terdiri dari enam provinsi ini memiliki ratusan gunung dengan variasi ketinggian dan jalur pendakian.

Pronvinsi Banten dan Provinsi Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan provinsi DKI Jakarta memiliki puluhan gunung dengan ketinggian yang bervariasi. Di provinsi Banten terdapat 10 gunung yang dapat didaki yaitu Gunung Karang, Gunung Pulosari, Gunung Krakatau, Gunung Luhur, Gunung Kencana, Gunung Aseupan, Gunung Honje, Gunung Batulawang, Gunung Endut, Gunung Halimun. Dari sejumlah gunung tersebut Gunung Halimun menjadi gunung tertinggi di Banten dengan tinggi 1.925 mdpl yang letaknya berbatasan dengan provinsi Jawa Barat.

Ketinggian gunung-gunung di Banten relative lebih rendah dibandingkan dengan gunung-gunung yang berada di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur sehingga kurang diminati oleh para pendaki, namun demikian provinsi Banten memiliki gunung Krakatau yang dikenal didunia karena letusannya yang cukup dasyat di tahun 1983.

Beranjak ke provinsi Jawa Barat. Provinsi ini memiliki puluhan gunung dan dari data yang ada terdapat 32 gunung. Adapun gunung-gunung yang cukup dikenal adalah Gunung Ciremai, Gunung Pangrango, Gunung Gede, Gunung Cikuray, Gunung Papandayan merupakan beberapa gunung tertinggi dan terkenal di Jawa Barat yang banyak dikunjungi oleh para pendaki.

Selanjutnya provinsi Jawa Tengah. Provinsi yang letak geografisnya berada ditengah-tengah pulau jawa ini memiliki ratusan gunung dengan ketinggian bervariasi. Dari ratusan gunung tersebut, Gunung Slamet menjadi Gunung paling tertinggi di Jawa Tengah, dan tertinggi nomor 2 adalah Gunung Sumbing. Selain kedua gunung ini terdapat gunung lainnya yang disukai oleh para pendaki yaitu Gunung Lawu, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Prau.

Provinsi Jawa Timur menjadi pemilik Gunung tertinggi di Pulau Jawa. Dari 65 gunung yang terdapat di Jawa Timur, Gunung Semeru atau yang disebut juga sebagai Gunung Mahameru menjadi Gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung Semeru merupakan gunung berapi kerucut yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Ketinggian dari Gunung Semeru mencapai 3.676 meter dari permukaan laut. Selanjutnya Gunung Raung, Gunung Arjuno, Gunung Kawi, Gunung Butak, Gunung Welirang yang banyak didaki.

Dari ratusan gunung yang terletak di Pulau Jawa, berikut ini adalah daftar 10 gunung tertinggi yang banyak didaki yaitu :

  1. Gunung Semeru (Mahameru), 3.676 mdpl
  2. Gunung Slamet, 3.428 mdpl
  3. Gunung Sumbing, 3.371 mdpl
  4. Gunung Arjuno, 3.339 mdpl
  5. Gunung Raung, 3.332 mdpl
  6. Gunung Lawu, 3.265
  7. Gunung Welirang, 3.156 mdpl
  8. Gunung Sindoro, 3.150 mdpl
  9. Gunung Merbabu, 3.145 mdpl
  10. Gunung Argopuro, 3,088 mdpl

(Red)