• Kayu Putih II, Jakarta Timur
  • 0813-1913-0107
  • Jurnalrealitas.com
  • 6 May 2021
1 Comments 41

JURNALREALITAS.COM, PEMATANG SIANTAR – Memasuki tahun kerja 2016, Kantor Imigrasi (Kanim) kelas II Pematangsiantar Sumatera Utara beserta pimpinan dan jajarannya mengadakan apel pagi bersama di halaman kantor imigrasi, Senin (04/01/2016). Bersamaan dengan dilaksanakannya apel tersebut turut dibacakan Deklarasi Janji Kinerja 2016 “Kami PASTI”.

Seperti diketahui, deklarasi tersebut adalah arahan dan perintah langsung dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Pantauan wartawan, Apel pagi yang berkangsung singkat namun berjalan secara hikmat dan tertib, dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Pematangsiantar, Jaya Saputra, SH yang diikuti oleh seluruh staf dan pegawai kantor imigrasi.

Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2016 “Kami Pasti” dibacakan langsung oleh seorang pejabat di lingkungan kanim siantar.

Foto: Pembacaan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2016 “ Kami PASTI”
Foto: Pembacaan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2016 “ Kami PASTI”

Adapun slogan Deklarasi Janji Kinerja tersebut adalah “Kami PASTI” yang berisi: Kami Pejabat Kementrian Hukum dan HAM berjanji: Berkinerja Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif.

Pasca pelaksanaan apel pagi, Ka.Kanim, Jaya Saputra menjelaskan bahwa maksud dan tujuan Deklarasi Janji Kinerja dengan slogan “Kami PASTI” agar pelayanan dan kinerja kanim siantar di tahun 2016 bisa lebih baik dan profesional.

Profesional : bekerja sesuai dengan etika dan disiplin profesi, Akuntabel : dapat dipertanggung jawabkan, Sinergi : dapat berkoordinasi dan bersinergi dengan semua stack holder yang ada, seperti sesama instansi penegak hukum dan tak ketinggalan termasuk media didalamnya. Trasnparan: terbuka dan tidak menutup-nutupi sedangkan Inovatif: berinovasi dan terus berekspansi untuk lebih meningkatkan mutu dan kwalitas pelayanan kepada masyarakat secara global.

Ka. Kanim juga mengungkapkan hal positif yang sudah Ia lakukan selama menjabat di lingkungan kerja kantor Imigrasi Pematangsiantar. Ia memaparkan inovasi perbaikan infrastruktur adalah pengadaan ruang tunggu ber AC. Kemudian diterapkannya system antrian elektronik untuk memenuhi rasa keadilan masyarakat pengurus paspor. Ada jug ruang khusus ibu menyusui. Perbaikan fasilitas kamar mandi (toilet) yang lebih baik. Sedangkan perbaikan dari sisi para staf dan pegawai adalah diterapkannya system absensi finger print. Sehingga para staf dan pegawai tidak perlu lagi repot-repot mengisi dan menanda tangani buku absensi.

Saat ditanya apa yang menjadi rencana dan program kerja kantor Imigrasi Pematangsiantar tahun 2016, Jaya menjelaskan akan mengadakan kegiatan-kegiatan sosialisasi seperti masuk ke sekolah-sekolah atau universitas untuk memberikan pencerahan terkait tentang apa sih kantor imigrasi itu? Apa sih paspor itu? Apa fungsinya dan bagaimana cara pengurusannya? Juga akan memberikan pencerahan tentang apa sih Pengawasan orang asing (PORA) itu? Sanksi apa yang akan diberikan kepada orang asing termasuk penanggung jawabnya, jika pihak imigrasi mendapati adanya orang asing yang tidak dilaporkan atau melaporkan keberadaan mereka di wilayah kerja kantor imigrasi Pematansiantar. Serta beberapa program rencana kerja lainnya yang masih dalam tahap penyusunan termasuk pengaturan anggarannya.

Jaya Saputra juga menginformasikan bahwa selama kurun waktu tahun 2015 kanim Pematangsiantar telah menerbitkan puluhan ribu buku pasport, dengan rincian : Paspor 24 halaman sebanyak 508 buku; Paspor 48 halaman sebanyak 23.767 buku.

(M. Baringin P.S)

One thought on ““Kami PASTI” Deklarasi Janji Kinerja Kanim Siantar Ditahun 2016

Tinggalkan Balasan