• Kayu Putih II, Jakarta Timur
  • 0813-1913-0107
  • Jurnalrealitas.com
  • 8 May 2021
0 Comments 13

JURNALREALITAS.COM, JAKARTA – Dua orang pria asal Pemalang Jawa Tengah yang kedapatan sedang ngemis di wilayah Jakarta Selatan diamankan Suku Dinas (Sudin) Sosial Jakarta Selatan. Keduanya diketahui bernama Fuad Fadholi (35)  dan Yayan (22).

Mereka tertangkap di lampu merah Ragunan Jaksel saat petugas Sudin Sosial Jaksel bersama Satpol PP melakukan operasi penindakan terhadap pengemis dan orang jalanan yang dianggap mengganggu ketertiban dan keindahan kota.

Menurut keterangan Sudin Sosial Jaksel, Fuad dan Yeyen yang mengontrak rumah di kawasan gang Nangka Ciputat Jaksel ini sudah menjalankan aksinya di ibukota selama kurun waktu 4 tahun, dan keduanya sudah lama menjadi target petugas tapi baru kali ini berhasil diamankan.

Dengan kondisi tubuhnya yang mungil, Fuad yang berkolaborasi dengan Yayan cukup berhasil mengelabui pengguna jalan raya dengan modus Fuad di gendong oleh Yayan. Sehingga  dengan penampilan seperti itu masyarakat yang melihatnya merasa kasihan sehingga rupiah demi rupiahpun masuk ke kantong mereka berdua.

Kepada petugas, dengan aksinya tersebut keduanya mampu meraup penghasilan hingga Rp 300,000,- per hari. Dan uang tersebut dikumpulkan untuk menafkahi keluarganya yang berada di daerah Subang. Saat mereka diamankan, petugas juga menemukan uang senilai Rp 760.000 yang disimpan didalam kantong kresek. “Itu hasil mengemis dua hari pak”, kata keduanya kepada petugas.

Untuk meminimalisir keberadaan orang jalanan dan pengemis di jakarta khususnya wilayah Jakarta Selatan, saat ini Sudin Sosial Jakarta Selatan berkolaborasi dengan Satpol PP terus meningkatkan  operasi PMKS, apalagi menjelang puasa yang tinggal beberapa hari lagi.

Untuk itu Sudin Sosial Jakarta Selatan menghimbau agar masyarakat tidak memberi dan membeli di jalan raya agar kondisi Jakarta lebih kondusif khususnya dalam menyambut bulan Puasa dan Pilpres 2014. Apabila masyarakat menemukan pengemis atau PMKS lainnya di Jakarta Selatan dapat langsung menghubungi Sudin Sosial Jaksel di nomor telepon 0217394238. (Ryanto)

Tinggalkan Balasan