• Kayu Putih II, Jakarta Timur
  • 0813-1913-0107
  • Jurnalrealitas.com
  • 8 May 2021
0 Comments 27

JURNALREALITAS.COM, JAKARTA – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Batam kembali menorehkan prestasi. Haykal Sulthan Hakeem, Dwi Erina Athaillah, dan Muhammad Wafiq Fadhillah yang tergabung dalam Tim Convertics menjadi juara 1 Lomba Cerdas Cermat Bea Cukai se-Pulau Sumatera.

Kompetisi ini menjadi bagian dari ajang Olimpiade Pemberantasan Penyelundupan Pesisir Timur Sumatera (OP3TS) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Republik Indonesia.

Babak final lomba cerdas cermat ini digelar secara daring, Rabu, 28 April 2021. Tim MAN IC Batam menyisihkan lima finalis lainnya, yaitu: Tim Neuf Star (SMAN 9 Bandar Lampung), Tim New Spirit (SMAN 1 Tembilahan Hulu), Tim Smanda Jaya (SMAN 2 Pangkal Pinang), Tim Oriza Satifa (SMA Santos Thomas Medan), dan Tim Dream Chaser (SMAN 3 Langsa). 

Untuk sampai final, MAN IC Batam harus bersaing pada penyisihan regional dan semifinal. Dikutip dari instagram @eventbeacukai, sebanyak 270 peserta turut serta pada babak penyisihan regional.

Dari jumlah itu, diambil 12 peserta terbaik untuk ikut babak semifinal. Sementara, untuk materi lomba, seputar keuangan negara, kepabeanan dan cukai, dan operasi pemberantasan barang ilegal.

Sebagai juara 1, Tim Convertics MAN IC Batam berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan senilai Rp10 juta dan satu buah laptop. Kepala MAN IC Batam Rudianto mengaku bangga atas prestasi anak didiknya.

“Selamat dan sukses kepada Tim Siswa dan Pembina LCC Kepabeaan dan Cukai yang berhasil meraih Juara 1 se-Pulau Sumatera. Memang terbukti bahwa hasil tak akan mengkhianati proses, man jadda wajada,” ungkapnya, Kamis (29/4/2021).

Menurut Rudianto, tidak ada keberhasilan yang diraih tanpa kesungguhan dan totalitas.

“Untuk meraih sukses memang butuh totalitas dan  fokus, di samping spirit guna memaksimalkan potensi. Terima kasih kami ucapkan atas capaian yang spektakuler dan menaikan reputasi MAN IC Batam di taraf Nasional,” tegasnya.

“Kita berharap bidang-bidang kompetensi lainnya semakin terpacu dan terpicu untuk totalitas persiapan menghadapi event-event kompetisi tingkat nasional dan bergengsi lainnya. Meski di tengah pandemi, jangan berhenti untuk terus belajar dan meraih prestasi,” pungkasnya.

Terpisah, pembina Tim Lomba Cerdas Cermat MAN Insan Cendekia Batam, Jupri Marsal mengungkapkan kebanggaannya kepada tim yang terus berjuang dari awal hingga akhir. Ia pun berterima kasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan dan mendoakan keberhasilan siswa didiknya.

“Alhamdulillah Tim Convertics menjadi pemenang dalam acara ini dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendoakan, sehingga kami mampu menjadi juara,” ungkapnya. (Ahmad Ghazali Kevin Lubis )

Tinggalkan Balasan