• Kayu Putih II, Jakarta Timur
  • 0813-1913-0107
  • Jurnalrealitas.com
  • 8 May 2021
0 Comments 21
Arjen Robben Bayer Munchen

jurnalrealitas.com – Bayern Munchen menjadi juara Liga Champion 2012/13 setelah mengalahkan Borussia Dortmund 2-1 pada partai final di Wembley Stadium, Minggu (26/5) dini hari WIB. Gol penentu FC Hollywood dicetak Arjen Robben pada menit ke-89.

Babak pertama berjalan 10 menit, Borussia Dortmund lebih banyak menguasai bola. Meski demikian tidak ada peluang yang membahayakan gawang Bayern Munchen. Bola hasil tendangan keras Jakup ‘Kuba’ Blaszczykowski juga masih melenceng dan tidak menemui target.

Usai 10 menit berlalu Dortmund baru dapat kesempatan emas. Tendangan Robert Lewandowski dari luar kotak penalti masih dapat ditepis Manuel Neuer dengan baik dan hanya menghasilkan sepak pojok. Tidak hanya itu, tendangan dari dalam kotak penalti yang dilakukan Kuba juga dihalau Neuer.

Neuer tampil gemilang dan kembali menyelamatkan gawangnya. Berawal dari serangan balik Marco Reus menendang keras bola dari luar kotak penalti. Bola teersebut masih bisa ditepis Neuer. Sementara itu, boa hasil sepakan Sven Bender di dalam kotak penalti ditangkap oleh Neuer.

Bayern Munchen bukan tanpa peluang. Tandukan Mario Mandzukic di depan gawang masih dapat ditepis Roma Weidenfeller. Sundulan Javi Martinez hasil umpan dari tendangan penjuru, melambung tipis di atas mistar gawang.

Peluang emas kembali dimiliki Bayern. Dari serangan balik, Arjen Robben berlari sendiri dan berhadapan dengan Weidenfeller. Namun, sontekannya dihalau kiper Dortmund tersebut dan hanya berbuah sepak pojok.

Robben kembali menemui kegagalan dalam mencetak gol menjelang babak pertama berakhir. Ia lagi-lagi tinggal berhadapan dengan kiper, tetapi bola hasil tendangannya masih mengenai wajah Weidenfeller. Hingga babak pertama berakhir skor masih tanpa gol.

Babak kedua berjalan 15 menit akhirnya terjadi gol. Franck Ribery memberi umpan terobosan dan Robben menerimanya. Robben kemudian melepaskan umpan silang melewati Weidenfeller. Mandzukic yang berada di depan gawang tinggal menceploskan bola dengan mudah. Dortmund 0-1 Bayern.

Namun, keunggulan Munchen hanya bertahan delapan menit. Reus dijatuhkan oleh Dante di dalam kotak penalti. Tendangan Dante mengenai perut Reus dan membuat striker Dortmund tersebut tersungkur. Ilkay Gundogan yang menjadi eksekutor melaksanakan tugasnya dengan sempurna. Dortmund 1-1 Bayern.

Peluang dimiliki Thomas Muller yang menendang bola ke arah gawang yang kosong setelah dapat menaklukkan Weidenfeller. Akan tetapi Neven Subotic dengan cemerlang dan cekatan menghalau bola tersebut dan gol terhindarkan.

David Alaba hampir memiliki kesempatan untuk mencetak gol. Tendangan kerasnya dari jarak jauh mengarahkan bola ke gawang. Weidenfeller dengan cepat meloncat dan menepis bola tersebut. Tidak hanya itu, sepakan keras Bastian Schweinsteiger juga berhasil dihalaunya.

Bayern akhirnya mencetak gol kedua pada menit ke-89. Umpan terobosan Ribery di dalam kotak penalti dengan baik diterima oleh Robben. Pemain asal Belanda ini kemudian mengecoh satu pemain dan melepaskan tendangan ke arah gawang. Skor 2-1 untuk kemenangan Bayern Munchen bertahan hingga laga berakhir.

Kemenangan ini mengantarkan FC Hollywood menjadi juara Liga Champion musim 2012/13. Hasil ini menghapus kesedihan pada musim lalu yang dikalahkan Chelsea melalui adu penalti.

Susunan pemain:

Borussia Dortmund: Weidenfeller; Piszczek, Subotic, Hummels, Schmelzer; Bender (Sahin 90′), Gundogan; Blaszczykowski (Schieber 90′), Reus, Grosskreutz; Lewandowski

Bayern Munchen: Neuer; Lahm, Boateng, Dante, Alaba; Martinez, Schweinsteiger; Robben, Muller, Ribery (Gustavo 90′); Mandzukic (Gomez 90+3′)

Bolanews.com

Tinggalkan Balasan